Indonesia Punya Spot Arung Jeram Terkeren! Cek Lokasinya!

Olahraga rafting alias arung jeram merupakan salah satu olahraga air yang paling menantang, tapi tak sepi penggemar. Sejumlah orang bahkan menjadikanya hobi karena “ketagihan” dengan sensasi seru yang menyulut adrenalin. Perolehan gesit gerakan serta kebugaran tubuh juga menjadi alasan orang-orang untuk terus menggandrungi jenis olahraga yang berlokasi di air deras ini.

Terutama bagi pecinta arung jeram Indonesia, kita patut berbangga karena memiliki banyak sungai dan sumber air yang bisa dijadikan lokasi rafting. Sungai-sungai tersebut tersedia lengkap dengan suguhan panorama yang memukau. Tidak heran jika para wisatawan mancanegara penyuka rafting sudi melakukan perjalanan ke Indonesia hanya untuk merasakan pengalaman berarung jeram yang berkesan di Tanah Air.

Nah, bagi Ada yang penasaran, yuk kita simak sejumlah spot arung jeram terbaik dan terkeren di Indonesia. Berikut ini uraiannya untuk Anda:

Rafting Sungai Alas

 1. Sungai Alas di Nanggroe Aceh Darussalam

Sungai Alas yang berlikasi di Aceh merupakan salah satu spot arung jeram terbaik dan terkeren yang bisa Anda jajaki. Posisi sungai ini cukup strategis, yakni membelah Taman Nasional Gunung Leuser, Nanggro Aceh Darussalam. Ia disebut sebagai spot arung jeram terbaik karena arus airnya yang cukup deras ditambah dengan belokan-belokannya yang tajam dan tentunya sungguh menantang adrenalin.

Meski begitu, para pe-rafting kelas pemula tidak perlu khawatir apalagi ciut nyalinya. Anda tetap bisa berarung jeram di sungai ini dengan rute dari kawasan Muarasitulan di Kota Kutacane hingga ke Kota Gelombang. Rute tersebut masih taraf ringan di mana arus dan medannya masih lumayan bersahabat.

Sementara bagi Anda yang sudah cukup mahir berarung jeram, Anda bisa menjajal rute yang lebih jauh yakni dimulai dari kawasan Angusan. Sembari berolahraga rafting, Anda akan disuguhi pemandangan yang memukau di sekitar sungai.

Rafting Sungai Asahan

2. Sungai Asahan di Sumatera Utara

Spot arung jeram terbaik dan terfavorit selanjutnya adalah Sungai Asahan di Sumatera Utara. Saking idealnya, ia bahkan kerap disebut-sebut sebagai tempat rafting terbaik ketiga di dunia. Adapun yang menempati posisi nomor satu dan duanya adalah sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Medan sungai cukup menantang dengan tingkat kesulitan di grade 4-5. Tak heran jika sungai ini kerap dijadikan lokasi pertandingan arung jeram tingkat nasional maupun internasional.

Rafting Sungai Batang Tarusan Sumatera Barat

3. Sungai Batang Tarusan di Sumatera Barat

Anda bisa menemukan Spot arung jeram terbaik di Sungai Batang dengan memulainya dari Desa Taratak yang jaraknya sekitar 20 menit dari Jalan Lintas Padang-Painan. Tak seperti sungai-sungai sebelumnya, sungai ini cukup akrab dan ebrsahabat sehingga cocok untuk perafting kelas pemula.
Saking amannya, debit air untuk sungai ini bahkan masuk kategori stabil pada musim kemarau. Sementara itu, arus air akan sedikit meningkat di musim penghujan. Meski masuk kategori aman, Anda dan tim harus tetap berhati-hati dengan batu-batu besar dan jeram yang bisa membuat perahu Anda terbalik.

Rafting Sungai Ayung Di Bali

4. Sungai Ayung di Bali

Selain terkenal akan pantainya, rupanya Bali juga punya Spot arung jeram terbaik yang punya banyak penggemar. Sebagai sungai terpanjang di Bali, sungai ini memiliki lintasa untuk berarung jeram hingga sepanjang 12 kilometer. Adapun waktu tempuhnya yakni sekitar 2 jam, dimulai dari kawasan Payangan hingga berujung di Desa Kedewatan. Ketika berarung jeram di kawasan ini, Anda akan dapat bonus berupa bentang alam yang indah serta pahatan-pahatan tebing karya seniman Ubud yang menawan.

Rafting Sungai Elo Di Jawa Tengah

5. Sungai Elo di Jawa Tengah

Beralih ke Pulau Jawa, kita juga memiliki Spot arung jeram terbaik tepatnya di Desa Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letak sungai ini hanya sekitar 40 menit saja dari Candi Borobudur. Cukup stretegis, bukan?! Ketika sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan arus sungai yang deras dan kedalaman sungai yang lumayan. Anda bisa melakukan rafting di sini sekitar 2 hingga 3 jam.

Rafting Sungai Citarik Di Jawa Barat

6. Sungai Citarik di Jawa Barat

Sungai Citarik ini merupakan bagian dari i Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Ketika berarung jeram di kawasan ini, ada sejumlah pilihan rute yang bisa Anda jelajahi, menyesuaikan dengan waktu tempuhnya. Setidaknya sungai ini memiliki dua rute, di antaranya yang memiliki waktu tempuh 1 jam dengan jarak 5 kilometer serta waktu 4 jam untuk jarak 17 kilometer.

Sebenarnya masih banyak lagi Spot arung jeram terbaik di Indonesia yang tak kalah menyuguhkan tantangan yang seru serta panorama indah. Adapun sungai lainnya yang bisa dipilih untuk lokasi arung jeram misalnya Sungai Lamandau di Kalimantan Tengah dan Sungai Nimanga di Sulawesi Utara. Terlepas dari semua itu, di mana pun tempatnya, selalulah berupaya mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan selama berarung jeram. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark! Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat SKE ini merupakan sebuah tempat rekreasi sekalig...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel