Ini Dia Enam Tempat Wisata Garut Paling Diminati

Garut merupakan salah satu daerah di selatan Jawa Barat yang punya obyek wisata lengkap dan kompleks. Berlokasi tidak jauh dari Kota Bandung, Garut menyuguhkan banyak pilihan wisata di antaranya wisata air panas, air terjun, pantai, gunung serta wisata kebudayaan lengkap dengan produk kerajinan dan kulinernya.

Menjangkau Garut pun relatif mudah sehingga tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk melewatkan Garut ketika sedang berlibur atau melancong. Garut bisa diakses melalui perjalanan darat selama sekitar dua jam dari Bandung. Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda tinggal menempuh tol Cipularang-Cileunyi kemudian lanjut ke Nagreg hingga sampai ke Garut.

Adapun tempat wisata Garut yang paling diminati di antaranya:

Candi Cangkuang

1. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang berlokasi di tengah situ yang bernama serupa. Sementara Kampung Pulo terletak persis di pinggir candi. Ketiga obyek wisata terintegrasi ini berlokasi di Kecamatan Leles, tepatnya berada sebelum memasuki Kota Garut.

Candi Cangkuang merupakan candi peninggalan hindu yang diperkirakan sudah dibangun sejak abad 8 Masehi. Untuk mencapai candi, Anda harus terlebih dahulu menaiki rakit sambil menikmati suasana situ dan lingkungan Cangkuang yang damai dan asri. 

Darajat Pass

2. Wisata Air Panas Darajat Garut

Wisata pemandian air panas Darajat Garut sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di dataran tinggi dengan lingkungan yang cukup asri. Selain menjadi tempat wisata Garut yang paling terkenal, kawasan Darajat juga dikenal sebagai salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi di Jawa Barat dan berada di bawah pegelolaan Chevron Texaco.

Sumber panas bumi yang ada di Darajat dimanfaatkan sejumlah pengusaha untuk membuat kolam-kolam pemandian air panas, lengkap dengan ragam permainan air di dalamnya. Harga tiket masuk Puncak Darajat Garut sebesar Rp 22 ribu di hari biasa, dan Rp 25 ribu pada hari libur.

Dengan mengunjungi tempat wisata Garut, Anda akan merasakan sensasi liburan yang menyenangkan, serta membut tubuh Anda relax dengan air hangat yang menyegarkan. Panorama alam dan kabut yang tebal makin menambah suasana syahdu, sehingga pikiran dan badan Anda menjadi nyaman.

Kawah Talaga Bodas

3. Kawah Talaga Bodas Garut

Kawah Talaga Bodas berjarak sekitar 28 kilometer dari ibu kota Garut. Perjalanan menuju ke sana dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Namun Anda harus berhati-hati, sebab akses jalan menuju ke sana sebagian mengalami kerusakan berat.

Kawah Talaga Bodas merupakan salah satu Tempat Wisata Garut yang memesona dengan panorama pegunungannya. Kawah Talaga Bodas merupakan danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah gunung Talaga Bodas. Meski masih beraktivitas vulkanik, pengelolla tempat wisata memastikan bahwa lokasi ini aman untuk dikunjungi.

Kawah Talaga Bodas Garut tidak hanya menawarkan panorama alam yang memukau. Di sana juga menawarkan udara yang bersih dan segar, serta sejumlah lokasi wisata air panas berupa kolam maupun pancuran. Anda pun bisa bebas melepas penat dan menyegarkan tubuh di sana.

Gunung Papandayan

4. Gunung Papandayan

Ini dia tempat wisata Garut yang paling banyak dikunjungi oleh para petualang yang suka melakukan jelajah alam. Gunung Papandayan juga kerap diandalkan sebagai latihan bagi pendaki gunung kelas pemula. Trek menuju puncak gunung Papandayan cukup mudah, namun sangat panjang sehingga Anda harus menyiapkan energi yang besar. Tapi jangan salah, berjalan menapaki gunung ini akan membuat badan Anda sehat dan tentu saja membakar lemak di tubuh.

Di lokasi wisata ini banyak tersedia area perkemahan yang kondusif, di mana di dalamnya juga terdapat suumber air bersih dan kamar mandi. Jika berwisata ke sini, jangan sampai Anda melewatkan Padang Edelweiss Tegal Alun yang di dalamnya ada bunga abadi untuk kenang-kenangan. Anda juga harus mengupayakan bangun pagi agar bisa menyambut momen sunrise dari puncak gunung.

Curug

5. Curug Sang Hyang Taraje

Keberadaan Curug atau air terjun memang selalu indah dan layak untuk diapresiasi. Di Garut, ada curug bernama Sang Hyang Taraje yang tidak boleh Anda lewatkan. Tempat wisata Garut ini merupakan curug yang unik karena memiliki dua air terjun yang berdampingan alias kembar, dengan intensitas cucuran yang besar. Berpetualang ke sini memang cukup panjang dan melelahkan.

Tapi ketika sampai, kelelahan Anda akan terbayar dengan panorama alam yang seksi yang berkolaborasi dengan deburan air dari curug yang menyejukan. Silakan berswafoto dan mengabadikan kunjungan Anda di Curug Sang Hyang Taraje.

Pantai Santolo

6. Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

Garut tak hanya punya gunung dan curug, tapi juga punya pantai yang super indah. Pantai Santolo merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Garut. Ia berlokasi di wilayah Kecamatan Cikelet Garut, dekat ke Pameungpeuk. Yang menjadikan pantai ini istimewa, karena ia memiliki bentang pantai yang luas, deburan air ombak pantai yang kalem, serta pasir putihnya yang berkilauan.

Pantai lainnya yang tak kalah cantik yakni Pantai Sayang Heulang. Di sana, terdapat bentang karang yang luas dan berbentuk unik. Anda pun bisa menemukan ikan-ikan yang berwarna warni terjebak di antara karang. Lokasi Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang cukup berdekatan yang hanya dipisahkan oleh Pulau Santolo.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata Garut yang menarik dan super indah di Garut. Saking banyaknya, Anda sepertinya harus berkali-kali pergi berlibur ke Garut untuk mencicipi semua pengalaman dan petualangannya.

Selain lokasi wisata yang atraktif, jangan sampai Anda melewatkan ragam kerajinan khas Garut seperti dompet dan tas asli kulit domba, serta mencicipi kuliner yang sangat kekinian, yakni dodol Garut. Selamat berlibur!

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark! Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat SKE ini merupakan sebuah tempat rekreasi sekalig...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel