Lima Spot Diving Memukau Buat Anda yang Hobi Menyelam

Ada banyak cara untuk mengapresiasi keindahan alam bawah laut Indonesia. Salah satunya yakni dengan menggeluti olahraga diving alias menyelam. Seiring dengan tingginya miant masyarakat dalam menjaga lingkungan laut Indonesia, aktivitas menyelam bukan hanya untuk kebutuhan rekreasi belaka. Lebih jauh, aktivitas diving telah dibayar secara profesional untuk kebutuhan konservasi maupun agenda penelitian bawah laut.

Bagi kalangan awam, diving pastinya kerap diandalkan untuk olahraga yang asyik dan menyehatkan. Di antara manfaat baik diving untuk kesehatan yakni melatih pernafasan, membuat luwes pergerakan serta membuat badan aktif bergerak dan membakar lemak jahat.

Orang-orang yang menyukai olahraga diving alias menyelam lantas terdukung dengan situasi Indonesia yang memiliki sejumlah spot diving eksklusif. Maksudnya, tempat-tempat tersebut menyuguhkan panorama alam yang tiada tara, dan sifatnya eksklusif alias keindahan tersebut hanya dimiliki oleh spot tersebut, tidak bisa ditiru oleh spot diving di tempat yang lainnya.

Wisata Alam Diving

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang spot diving eksklusif yang bisa dijadikan lokasi menyelam paling berkesan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian berikut ini:

1. Raja Ampat

Petualangan yang tak terlupakan mestilah meminta pengobanan, entah dari segi biaya, waktu maupun tenaga. tapi pengorbanan itu tak akan terasa bagi mereka yang benar-benar menjalankannya dengan hati. Termasuk untuk olahraga diving. Bagi mereka yang gemar berpetualang menjelajah alam bawah laut, pastinya akan terus mencari-cari spot diving eksklusif untuk dijelajahi. Nah, salah satu tempat terbaik yang layak disambangi adalah Raja Ampat.

Bisa dikatakan, Raja Ampat merupakan gambaran surga di bawah laut. Hal ini disebabkan kondisi biota bawah lautnya yang masih kategori “perawan”, di mana terumbu karang dan ekosistem lautnya masih utuh, beragam dan indah, serta tidak terjamah perusak yang tak bertanggung jawab.
Pada kondisi ini, Raja Ampat menjadi spot diving eksklusif yang bisa dinikmati oleh penyelam yang datang. Para penyelam bukan hanya akan mendapatkan suguhan terumbu karang yang menawan, tapi juga ikan-ikan dan makhluk laut cantik lainnya yang menghuni terumbu karang.

2. Nusa Penida

Nusa Penida berada di kawasan Pulau Bali, di mana di dalamnya juga terdapat perairan yang jernih yang dihuni kerajaan laut yang mengagumkan. Sebagai salah satu spot diving eksklusif, para penyelam dapat menjumpai Ikan Mola-Mola dan Pari manta, spesies langka yang hanya bisa Anda temui di sini.

Pulau Komodo

3. Pulau Komodo

Seperti kita ketahui, Pulau Komodo dikenal dunia sebagai salah satu habitat bagi kadal terbesar. Selain itu, Pulau Komodi rupanyajuga terpilih sebagai salah satu spot diving eksklusif yang ada di Indonesia. Terdapat empat titik lokasi diving yang ada di Pulau Komodi, di antaranya di Batu Tigam Batu Bolong, Pantai Merah, Tatawa Besar dan Manta Point. Selain bisa menikmati panorama alam yang keren, para penyelam juga berpeluang menyapa spesies langka seperti pari manta, ikan mola-mola dan hiu martil.

4. Derawan

Perairan yang juga dianggap sebagai surge bawah laut ini berada di Kalimantan Timur. Saking cantiknya, pesona derawan tak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, tapi juga menarik minat warga mancanegara untuk datang berkunjung.

Derawan unggul oleh pasir putih pada pantainya, serta warna lautnya yang biru dan jernih. Saking jernihnya, Anda akan bisa menikmati kehidupan terumbu karang, meski dari atas permukaan laut. Keindahan tersebut akan makin tegas ketika Anda melakukan penyelaman di kawasan tersebut. Di antara spot diving eksklusif di Derawan yakni Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalak.

5. Alor

Pulau Alor

Alor yang berada di kawasan Nusa Tenggara Timur merupakan satu lagi tempat diving yang paling direkomendasikan. Jika Anda berkunjung ke Alor, silakan datang ke spot eksklusifnya di Half Moon Bay, Coconut Groove dan Baruna’s Point. Selamat terpesona dengan keindahan bawah laut di Alor.
Demikianlah informasi tentang Lima Spot Diving Memukau Buat Anda yang Hobi Menyelam. Sudahkah Anda mengunjungitempat-tempat yang disebutkan di atas? Atau mungkin Anda tengah mengagendakan perjalanan menuju ke sana?

Silahkan merambah alam semesta, dan jangan lupa untuk mengiringinya dengan tadabbur atas segala ciptaan Sang Maha. Sejatinya, kita sepatutnya bersyukur karena dianugerahi tanah air yang menyimpan banyak keindahan, baik di permukaan maupun di dalam laut. Keindahan tersebut sudah sepatutnya kita syukuri dengan cara yang baik dan terorganisasi.

Salah satu bentuk rasa syukur yang bisa diterapkan yakni dengan senantiasa menjaga kebersihan di tempat-tempat diving spot, dan sebisa mungkin untuk tidak melakukan pengrusakan lingkungan. jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga keindahan dan kecantikan alam semesta. 

Selain harus bergotong royong dalam penjagaan lingkungan, marilah juga sama-sama untuk saling mengingatkan satu sama lain agar selalu mencegah aksi-aksi yang berpotensi merugikan lingkungan. Alam semesta memang disuguhkan untuk manusia agar kita bisa selalu bersyukur dan terampil menjaga keutuhannya.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan. Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat ini memang tidak ada matin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel