Pendaki Gunung Wajib Tahu! Ini Dia Enam Fakta Tentang Gunung Papandayan

Para pendaki gunung di tanah air pastinya sudah familiar dengan Gunung Papandayan. Gunung yang berlokasi di Garut Jawa Barat ini sangat diandalkan untuk menjadi lokasi perdana naik gunung, khususnya bagi pendaki kelas pemula. Hal ini disebabkan naik gunung Papandayan relatif mudah karena perlintasannya yang tidak terlalu curam, tapi tetap unggul dengan panorama alamnya yang menawan.

Selain dapat menikmati panorama alam yang indah, berwisata dengan mendaki gunung papandayan setidaknya akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Di antara keuntungan tersebut yakni tubuh Anda akan terlatih untuk menghadapi lelah dan panas. Sehingga, setelah mendaki gunung Anda akan mendapatkan badan dan pikiran yang lebih bugar.

Meski menjadi lokasi paling favorit untuk mendaki gunung, tidak banyak yang tahu tentang sejumlah fakta unik yang mengiringi keberadaan Gunung Papandayan. Tanpa perlu berpanjang-panjang dalam prolog, yuk kita simak Enam Fakta Unik Gunung Papandayan berikut ini:

Wisata Gunung Papandayan

1. Gunung Favorit untuk Pendaki Kelas Pemula

Naik Gunung Papandayan relatif sangat mudah. Makanya, para pendaki pemula kerap menjadikan lokasi ini sebagai tempat pendakian perdana. Gunung setinggi 2.622 meter memiliki jalur yang relatif mudah di mana jalanannya didominasi oleh jalan-jalan setapak yang panjang dan terjal. Jadi, meski landai, Anda tetap perlu berhati-hati agar tidak tergelincir dan jatuh ke jurang.

2. Mitos Pandai Besi

Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, nama papandayan diambil dari kata “pandai besi” di mana aktivitas gunung kerap menghasilkan suara seperti orang yang sedang menempa besi khas pekerjaan pandai besi. Makanya, orang-orang sekitar menyebut gunung tersebut dengan nama “papandayan”. Padahal, setelah ditelusuri, bunyi yang kerap terdengar dari gunung tersebut adalah suara dari aktivitas magma di perut bumi.

3. Transportasi ke Gunung Papandayan

Bagi Anda yang memulai keberangkatan dari Jakarta atau bandug, Anda perlu mengetahui transportasi yang tepat jika ingin melakukan wisata alam ke Gunung Papandayan. Lokasi awal yang harus Anda tuju yakni Terminal Guntur Garut. Dari sana, Anda bisa berjalan kaki atau mengendarai mini bus menuju kaki gunung tepatnya di pertigaan Pasar Cisurupan.

Biasanya untuk menumpang minu bus ke kaki gunung, Anda harus pandai menawar harga. Sebab bagi orang yang dianggap awam, biasanya para calo bus kerap menawarkan harga yang jauh lebih mahal dari pada harga normal. Perlu diketahui, harga rata-rata ketika menumpang bus yakni Rp 20 ribu per orang.

4. Siapkan Logistik yang Cukup

Ketika naik gunung Papandayan, perbekalan seperti makanan, tenda, jaket, alat masak dan sepatu khusus mendaki gunung harus menjadi hal wajib yang Anda bawa sebelum mendaki gunung. Jika Anda merasa tak cukup membawa perbekalan dari rumah, Anda bisa berbelanja di Pasar Cisurupan. Mungkin Anda bisa membekali diri dengan ragam snack bergizi, atau makanan ringan pengganjal perut.

Perbekalan sebelum mendaki gunung sangatlah penting, sebab ketika Anda mulai mendaki, Anda tidak akan lagi menemukan tukang jualan makanan maupun snack. Anda pun harus fokus dengan perbekalan yang memang sudah disiapkan sejak awal keberangkatan.

5. Deskripsi Jalur Pendakian

Ketika memilai perjalanan naik gunung Papandayan, Anda akan mendapati jalan panjang yang landau tapi terjal. Terdapat bongkahan batu di sana-sini yang terkadang berpotensi membuat Anda tergelincir. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakans epatu khusus naik gunung, di mana ia memiliki alas yang kuat dan kasar (tidak licin) serta bungkusnya menutupi semua permukaan kaki. Jangan lupa memakai kaus kaki agar kaki Anda semakin terlindungi.

6. Pakai Masker

Hal penting selanjutnya yang mesti Anda tahu ketika naik gunung papandayan adalah menggunakan masker. Sebab, udara yang beredar di Papandayan akan didomonasi bau khas belerang yang baik untuk kulit, tapi menyengat di hidung. Penggunaan masker utamanya ketika Anda mulai memasuki kawasan Camp David menuju Puncak Kawah Belerang.

Wisata petualangan naik Gunung papandayan pastinya akan sangat menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ini disebabkan, Gunung Papandayan memiliki berbagai area yang super indah di antaranya kawah belerang, area berkemah dan Hutan Mati. Disebut begitu, sebab di area tersebut terdapat pohon-pohon mati yang eksotis akibat terpapar letusan gunung. Bagi yang beruntung, ia bisa mendapatkan bunga edelwais sebagai lambing keabadian cinta.

Di area pegunungan juga terdapat sumber air dan camping ground yang tertata rapi. Para pendaki pun bisa berkemah dengan nyaman di malam hari, untuk selanjutnya bisa bangun pagi pagi dan menikmati panorama matahari terbit dari puncak gunung.

Akhir kata, tidak ada ruginya dari berwisata menjelajah alam dengan cara naik gunung. Lebih lanjut, Dengan mengetahui ragam informasi seputar Gunung Papandayan, para pendaki diharapkan bisa lebih mengeksplorasi alam gunung tersebut, sehingga prosesi naik gunung Papandayan jadi lebih berfaedah. Demikianlah artikel tentang Enam Fakta Unik Gunung Papandayan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark! Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat SKE ini merupakan sebuah tempat rekreasi sekalig...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel