Rekomendasi Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Kamu Kunjungi. Salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini lebih dikenal dengan wisata kulinernya, yaitu Tahu. Yup, kabupaten yang saya maksud adalah Sumedang. Faktanya, kabupaten ini juga memiliki potensi wisata yang memukau netra dan memanjakan batin. Kabupaten yang berjarak 45 kilometer dari Bandung ini dikelilingi oleh pegunungan membuatnya menyajikan panorama indah khas alam parahyangan.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengunjungi wilayah Sumedang ini. Jangan lupa mampir ke beberapa tempat wisata berikut ini. Menurut beberapa pelancong, tempat wisata ini keren banget dan nggak boleh kamu lewati begitu saja. Tempat apa saja itu? Yuk simak!

Batu Dua Gunung Lingga

Batu Dua merupakan dataran luas dan rasa uang berada di atas ketinggian 930 meter di atas laut. Tempat wisata Sumedang ini lokasi tepatnya di kawasan Gunung Lingga kecamatan Cisatu. Selain menyajikan lanskap yang memukau mata, lereng gunungnya pun digunakan untuk lokasi olahraga paralayang.

Batu Dua Gunung Lingga

Kepopuleran Batu Dua ini tidak sekadar tempat olahraga paralayang, tetapi kokasi ini pernah menjadi lokasi pra-piala dunia olahraga paralayang pada tahun 2013. Keunggulan Batu Dua sebagai lokasi olahraga paralayang dibanding lainnya adalah adanya beberapa titik geotermal. Yaitu titik yang mampu mengeluarkan gas alami sehingga membuat paralayang terbang lebih lama di udara.

Di tempat wisata Sumedang ini pula para olahragawan paralayang bisa melakukan manuver karena angin di sana cukup mendukung aksi tersebut. Hal ini pula yang membuat Batu Dua menjadi favorit pecinta olahraga ekstrem ini. Srlain olahraga paralayang, di sini kalian juga bisa belajar budaya dan sejarah, yaitu dari keberadaan makam Raja Sumedang pertama, Prabu Tajimalela. Di sini juga terdapat bumi perkemahan Gunung Lingga yang dilengkapi berbagai fasilitas outbound seru seperti flying fox, dan wahana lain.

Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi

Curug ini terletak di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Curug ini masih sangat asri dan alami. Air terjun atau curug ini memiliki nama lain Curug Narimbang, curug ini juga sering didatangi hewan-hewan langka seperti macan kumbang, landak hutan, monyet, dan babi hutan. Mereka mendatangi lokasi untuk turun gunung dan meminum airnya.

Saat kamu berkunjung ke sini pasti sangatlah beruntung jika bisa menyaksikan keberadaan macan kumbang di sekitar air terjun, mengingat hewan ini sudah mulai langka keberadaannya. Menurut penduduk sekitar tempat wisata Sumedang, macan kumbang tidak pernah mengganggu warga atau pengunjung yang datang. Meski begitu, jangan menurunkan tingkat kewaspadaan ya.

Terlepas dari keberadaan satwa-satwa langka tersebut, Curug Ciputrawangi merupakan sebuah tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan keindahan alamnya. Derasnya air terjun yang jatuh menuju dasar curug berbatu, kemudian ditambah rindangnya pepohonan di sekitarnya membuat hawa menjadi sejuk. Hal ini akan membuatmu terbuai dan melupakan kepenatan rutinitas sejenak.

Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang Sumedang Indonesia

Situ Biru Cilembang merupakan telaga dengan air jernih yang masih sangat alami. Saking alaminya, kamu bisa loh berkaca pada airnya yang menggenang di tempat wisata Sumedang ini. Kamu juga dapat melihat ikan-ikan yang berenang dengan mata telanjang, serta kura-kura air tawar jika kamu beruntung bisa menemukannya di sana. Selain itu, di sekitar telaga juga terdapat pepohonan dan semak yang hijau rimbun sehingga menambah eksotisme telaga yang airnya berwarna hijau-kebiruan.

Demi menjaga kealamian dan kualitas air di tempat tersebut, pengunjung dilarang keras untuk berenang atau bermain air di dalamnya. Namun, kalau sekadar mencuci muka atau cuci tangan saja masih boleh. Letak tempat wisata Sumedang yang satu ini cukup tersembunyi di dalam hutan, yaitu di kawasan Desa Hariang, Bahdua. Ingat ya, wisatawan dilarang datang saat hari Selasa dan Jumat. Warga setempat meyakini bahwa hari tersebut adalah hari pantangan untuk berkunjung, mengingat telaga ini masih dikeramatkan oleh warga.

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan. Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat ini memang tidak ada matin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel