Wisata Dieng, Menjelajahi Negeri di Atas Awan

Wisata Dieng, Menjelajahi Negeri di Atas Awan! Siapa yang tidak tahu dengan Dataran Tinggi Dieng? Dataran dengan tinggi sekitar 2.000 mdpl ini berada di kawasan vulkanik aktif yang berlokasi di Jawa Tengah. Sebenarnya, tidak mengherankan jika ditelisik kalau di sebelah baratnya berbatasan dengan kompleks Gunung Sindoro dan Sumbing yang masih terbilang aktif. Wilayahnya sendiri berada di antara kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Meski berada di kawasan yang cukup rawan, tapi banyak wisata Dieng yang dapat Anda kunjungi. Destinasi pertama yang cukup populer adalah Gunung Prau. Bagi Anda yang suka mendaki, tidak akan menyesal jika sudah mencapai puncaknya. Di sana, Anda akan merasa berada di bukit teletubbies. Itu karena ada padang rumput yang membentang yang akan Anda lewati saat mendaki. Seperti latar di serial anak tersebut, loh. Daerah yang terkadang berkabut juga menambah kesan di atas awan.

Jika Anda ingin melihat keindahan matahari terbit dan terbenam maka berkunjunglah ke Bukit Sikunir. Sebenarnya, pesonanya akan benar-benar muncul di bulan Juli sampai Agustus. Itu di mana mulai memasuki musim kemarau. Dengan begitu, artinya tidak ada hujan sehingga langit tampak bersih. Inilah biasanya yang ditunggu-tunggu oleh para pendaki. Namun, Anda harus tahu kalau Bukit Sikunir ini tidak pernah sepi pengunjung, loh.

Dieng - Tiga Warna

Selain Telaga Warna, Anda juga tidak boleh melewatkan Telaga Pengilon. Wisata Dieng yang satu ini berbeda dengan Telaga Warna yang bisa berubah warna karena terdapat plankton yang hidup di bawah telaga. Pada Telaga Pengilon, Anda akan disuguhkan dengan air telaga yang sangat jernih dan tidak berwarna sama sekali. Terlebih lokasinya yang masih di kelilingi oleh perbukitan yang hijau dan asri. Sangat instagramable, 'kan?

Ada tiga telaga lagi yang bisa menjadi tempat wisata yang patut disambangi jika ke Dieng. Pertama adalah Telaga Merdada, yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Kedua adalah Telaga Cebong, yang disebut sebagai Telaga di Atas Awan karena berada di ketinggian 2.300 mdpl. Ketiga adalah Telaga Menje, di mana Anda dapat menikmati wisata alam dengan berkeliling menggunakan rakit bambu selama 30 menit.

Di wisata Dieng ini, Anda juga akan menemukan peninggalan sejarah, loh. Kompleks Percandian Arjuna menjadi destinasi sejarah yang pertama menarik perhatian, nih. Diperkiraan dibangun awal abad 9 masehi, ada juga Candi Semar, Candi Srikkandi, Candi Muntadewa, dan Candi Sembadra. Tentu saja yang paling utama adalah Candi Arjuna.

Selain itu, ada juga Candi Bima yang berlokasi di Desa Dieng Kulon. Jika diruntun dari lokasi kompleks percandian Dieng maka Anda harus berjalan ke arah selatan. Ini karena lokasinya yang berada di paling selatan dari kompleks percandiaan tersebut.
Selain di keliling gunung berapi yang masih terbilang aktif, Dieng juga banyak memiliki kawah yang masih aktif. Meski begitu, kawah-kawah tersebut bisa menjadi wisata Dieng Anda, loh. Pertama adalah Kawah Sikidang. Kawah seluas 200 m2 ini mempunyai kadar belerang yang cukup tinggi. Apalagi gumpalan asap yang tebal tidak pernah berakhir di sini.

Kedua adalah Kawah Candradimuka. Kawah yang berjarak 6 km dari Kompleks Candi Arjuna ini--menurut legenda--tempat Gatot Kaca di jedi (rebus) sehingga mendapat otot kawat tulang besi. Jika ke kawah ini sebaiknya hati-hati karena sering terjadi semburan gas, tapi tidak berbahaya, kok.

Masih banyak lagi destinasi yang bisa menjadi wisata Dieng Anda. Asalkan Anda punya stamina yang kuat untuk menjelajahi keseluruhannya. Jangan lupa siapkan finansial yang cukup, ya. Nah, paling menggembirakan destinasi ini bisa ditempuh menggunakan kendaran pribadi, loh.
", numPosts: 8, titleLength: "auto", thumbnailWidth: 250, thumbnailHeight: 170, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w255-h170-c/no-image.png", containerId: "related-post-7618680093644714582", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan. Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat ini memang tidak ada matin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel