Pesona Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu. Wisata atau rekreasi adalah sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan pada saat liburan. Wisata biasanya  dilakukan bersama keluarga tercinta. Wisata keluarga dilakukan untuk merekatkan rasa kekeluargaan. Bertamasya  akan membuat Anda dan keluarga terhibur. Kini banyak keluarga memilih tempat wisata yang natural atau berkunjung ke daerah wisata alam.

Wisata alam banyak dipilih oleh para wisatawan karena suasananya yang menyenangkan. Pengunungan banyak menjadi pilihan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satu alasan memilih pegunungan adalah udaranya yang sejuk dan menyegarkan. Udara pegunungan masih terbebas dari polusi asap kendaran bermotor dan asap pabrik.

Salah satu wisata pegunungan yang diminati oleh wisatawan adalah wisata alam Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu terletak di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Gunung ini mempunyai pesona eksotis Jawa Barat.

Pesona Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu mempunyai keunikan dari bentuknya yang terlihat seolah seperti perahu yang terbalik jika di lihat dari sekitar kota Bandung. Selain itu Gunung Tangkuban Perahu erat kaitannya dengan legenda.Tangkuban Perahu mempunyai legenda yang sangat terkenal yaitu Sasakala Gunung Tangkuban Perahu yang mengisahkan Sangkuriang yang mencintai ibu kandungnya sendiri yaitu Dayang Sumbi.

Konon dikisahkan Sangkuriang harus memenuhi persyaratan Dayang Sumbi agar dapat menikah dengannya. Sangkuriang ditugaskan untuk membuat perahu dalam waktu satu malam yang akan dipergunakan  untuk berlayar bersama ketika mereka telah menikah. Syarat tersebut hanya akal-akalan Sayang Sumbi saja yang tidak ingin dinikahi oleh putra kandungnya sendiri yaitu Sangkuriang. Berbagai daya upaya dilakukan Dayang Sumbi untuk mengacaukan rencana pernikahan. Singkat cerita Sangkuriang tidak dapat memenuhi persyaratan dari Dayang Sumbi.

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu

Sangkuriang yang murka karena tidak dapat memenuhi persyaratan pujaan hatinya, akhirnya memendang perahu yang hampir jadi tersebut sekuat tenaga. Hingga tecipta wisata alam gunung Tangkuban Perahu. Cerita tersebut menyebar dari mulut ke mulut dan menjadi sebuah legenda asal usul terciptanya gunung Tangkuban Perahu.

Terlepas dari legenda tersebut, gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah kawah yang terbentuk dari hasil letusan gunung aktif berabad-abad lampau. Gunung Tangkuban Perahu hingga kini masih aktif. Anda akan dapat melihat keindahan kawah yang bernama Ratu.

Saat menuju perjalanan  ke Gunung Tangkuban Perahu Anda akan disuguhi suasana alam yang asri. Terdapat banyak pohon pohon besar di kanan kiri perjalanan Anda. Ketika sampai di kawasan wisata alam gunung Tangkuban Perahu Anda akan menemukan banyak penjual asongan yang menjual buah stroberi. Selain itu di kawasan wisata ini terdapat banyak penjual makanan sehingga Anda sekeluarga tidak akan kelaparan ketika berjalan menikmati keindahan pesona gunung Tangkuban Perahu.

Keindahan Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Selain menjual makanan, Anda akan banyak melihat penjual oleh-oleh khas daerah Tangkuban Perahu yaitu penjual syal dan kupluk yang bertuliskan lokasi wisata tersebut. Daerah Lembang memang terkenal cukup dingin udaranya sehinga penjual syal dan kupluk akan laris manis menjual dagangannya. Selain itu Anda akan menemukan penjual pulpen dari bambu yang dibakar dan diberi nama. Terdapat pula penjual batu-batu alam mulai dari bongkahan yang kecil hingga bongkahan besar. Batu-batu tersebut dijual mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. 

Wisata alam Gunung Tangkuban Perahu menyajikan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Anda dapat mengabadikan dengan berfoto di depan kawah Ratu atau kawah-kawah kecil di sekitarnya. Berfoto juga dapat dilakukan di sekitar pepohonan khas yang menambah keindahan alam gunung Tangkuban Perahu. Bila Anda sudah siap untuk merasakan sensasi dingin pegunungan, mari berkunjung ke gunung Tangkuban Perahu.

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan. Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat ini memang tidak ada matin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel