Daftar Tempat Wisata Di Jawa Timur Untuk Menghabiskan Liburan Anda

Bagi Anda yang suka travelling, tentu saja sudah banyak mengunjungi berbagai tempat wisata di berbagai daerah juga. Salah satu lokasi yang recommeded untuk dikunjungi selanjutnya adalah Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur memiliki banyak sekali pilihan yang akan memuaskan Anda. Baik tempat wisata yang cocok untuk hang out bareng teman, maupun tempat wisata bersama keluarga.

Di Jawa Timur, Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata, mulai dari wisata alam, taman rekreasi, hingga wisata kuliner. Jika tertarik berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jawa Timur, maka Anda perlu mengetahui beberapa nama yang recommended terlebih dahulu. Dalam ulasan berikut, temukan tempat wisata terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.

Wisata Alam Populer Di Jawa Timur

Wisata Populer Di Jawa Timur

Jawa Timur memang sangat terkenal dengan wisata alamnya. Ada banyak pantai maupun gunung dengan pemadangan begitu menarik yang bisa memberikan pengalaman tak terlupakan. Lalu, apa saja tempat wisata di Jawa Timur yang berbau alam dan recommended untuk Anda. Berikut daftarnya.

1. Gunung Bromo

Salah satu wisata alam yang sangat populer dan selalu ramai setiap harinya di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo sendiri memiliki daya tarik yang begitu memikat dengan pemandangan yang indah. Hal ini membuat para wisatawan selalu ketagihan untuk mengunjunginya. Baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Salah satu yang menarik di Gunung ini adalah hamparan pasir yang begitu luas sehingga tampak begitu indah. Selain itu ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana. Mulai dari naik kuda, hingga menikmati indahnya sunset. Gunung ini berada di empat kabupaten tepatnya di Jawa Timur, yakni Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang.

2. Gunung Semeru

Selain Gunung Bromo, tempat wisata di Jawa Timur yang juga berupa gunung dan sangat populer adalah Gunung Semeru. Gunung ini juga menawarkan keindahan dan pesona yang begitu memikat. Apalagi jika berhasil sampai di puncaknya yang biasa disebut dengan Mahameru. Bagi para pendaki, tentu saja menakhlukkan gunung ini merupakan sebuah impian.

Ada banyak hal menarik yang bisa dijumpai ketika mendaki di Gunung Semeru. Salah satu pesoannya adalah dengan adanya Ranu Gumbolo yang begitu indah. Biasanya para pendaki akan bermalam di sana dan menikmati suasana alam  yang penuh ketentraman. Namun, untuk mendaki di gunung ini, tentu saja dibutuhkan kekuatan fisik yang baik.

3. Pantai Pasir Putih Situbondo

Tidak hanya gunung, Jawa Timur juga tidak kalah terkenal dengan berbagai pantai menarik, khususnya di pesisir selatan. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih di Situbondo. Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang begitu Indah dan siap memanjakan mata Anda. Khususnya dengan pemandangan pasir putih nan bersih yang terbentang luas di pesisir laut.

Kondisi dari pantai ini sendiri sama dengan nama yang dimilkinya, yakni terkenal dengan pasir berwarna putih dengan hamparan yang begitu luas. Ada beberapa aktivitas layaknya di pantai pada umumnya yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari bermain air laut dengan airnya yang tampak begitu jernih, atau pun sekedar menenangkan pikiran dari penat karena beragam aktivitas pekerjaan.

4. Pantai Sendang Biru

Tempat wisata di Jawa Timur yang keindahannya juga tidak kalah dari Pantai Pasir Putih di atas adalah Sedang Biru. Pantai ini memiliki pemandangan yang bisa memanjakan mata dengan beragam kelebihannya. Bagwarna Jawa Timur yang belum pernah datang kesini, maka harus segera membuktikan pesona indang Sendang Biru yang terletak di Kabupaten Malang.

Mengingat bahwa Malang Adalah salah satu kota dengan lokasi cukup strategis dengan banyak lokasi wisata, maka tidak akan rugi berkunjung ke Sendang Biru karena Anda bisa sekaligus mampir di beberapa wisata lainnya. Pantai ini merupakan salah satu pesisir laut dengan ombak yang tenang dibandingkan pantai lain sehingga relatif cukup aman.

5. Telaga Sarangan

Di Jawa Timur, nama Telaga Sarangan juga menjadi salah satu nama populer yang bisa dirujuk kapan saja. Kawasan wisata ini juga memiliki pemandangan yang begitu indah sehingga bisa menjadi rujukan terbaik untuk mengisi liburan. Termasuk ketika Anda sedang mencari tempat berlibur bersama dengan keluarga. Di Telaga Sarangan, Anda pun bisa bermain menaiki kapal di danau yang luas.

Luas danau sendiri kurang lebih adalah 30 hektar. Di tambah lagi dengan pemandangan bukit asri nan hijau yang mengelilinginya, tempat ini menjadi semakin recommended lagi. Sedangkan berbicara mengenai fasilitas, jangan khawatir karena telaga ini memiliki fasilitas yang tergolong lengkap untuk mencukupi berbagai kebutuhan Anda. 

6. Pantai Balekambang

Malang merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak nama pantai menarik. Selain Sendang Biru yang begitu populer dengan keindahannya, ada juga pantai Balekambang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pesona yang bisa Anda jumpai di pantai ini tidak kalah indah. Dengan pesona keindahan inilah, para wisatawan terundang untuk mengunjunginya.

Bahkan, dengan daya tariknya tidak jarang yang mengidolakan lokasi wisata yang satu ini. Apalagi mengingat bahwa ada sebuah pura yang terletak di atas pulau karang. Dengan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Malang, maka pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang  selalu diminati. Namun, sebaliknya dari Sendang Biru, ombak di Balekambang cukup besar .

7. Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen tentu saja bukan nama yang asing. Apalagi bagi penduduk asli Jawa Timur di sekitar Banyuwangi. Kawah ini juga menjadi salah satu icon dari provinsi tersebut dengan keindahannya yang begitu tinggi, bahkan tidak kalah dari Bali. Dengan keindahan yang ditawarkannya, maka tidak heran jika kawan ini banyak menjadi rujukan wisatawan untuk menyaksikan atraksi di kawah ini.

Dalam hal ini, yang menarik lagi dari Kawan Ijen adalah blue fire yang ditawarkan. Blue fire hingga saat ini merupakan salah satu fenomena alam terbaik di dunia sehingga memang tidak boleh di lewatkan. Namun, fenomena ini tidak terjadi setiap saat sehingga perlu menyesuaikan waktu. Jika Anda berangkat jam satu atau dua pagi, maka masih bisa menemui fenomena menakjubkan ini.

8. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang harus dicoba. Pemandian ini tidak hanya memberikan kesan yang indah dan hangat, tapi di sana Anda bisa menikmati kehangatan yang sejati dari kawah gunung. Hal inilah yang membuat pemandian ini menjadi salah satu lokasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya itu, perlu diketahui juga bahwa di pemandian tersebut terdapat banyak jenis kolam yang bisa Anda pilih. Mulai dari kolam yang kecil, kolam besar, kolam di dalam kamar, hingga kolam yang tertutup, khusus untuk wanita. Jika melihat dari segi fasilitas umumnya, memang tidak begitu mewah, naming demikian, dengan persediaan tersebut kebutuhan Anda bisa terpenuhi.

9. Air Terjun Coban Rondo
Anda menyukai pemandangan air terjun? Dalam hal ini Jawa Timur juga memiliki cukup banyak nama air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Coban Rondo yang terletak di Batu. Jika dilihat dari namanya, mungkin terdengar cukup unik dan berbeda dari nama-nama lainnya. Hal ini memang disebabkan oleh sejarah tersendiri dari air terjun yang terkenal di tengah masyarakat setempat.

Bagi masyarakat Kota Malang dan Batu khususnya, air terjun ini menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat populer dengan daya tariknya. Yang membuatnya semakin menarik lagi adalah, mengingat air terjun ini memiliki ketinggian hingga 84 meter. Dari ketinggian tersebutkan mengalir air yang membuatnya tampak begitu mempesona. 

10. Pantai Klayar

Tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah sebuah pantai. Pantai ini juga tak kalah indah dari beberapa nama yang sudah disebutkan sebelumnya. Pantai ini tepatnya berada di Pacitan dengan tawaran deburan ari ke udara. Nah, ketika terdapat deburan air yang mengudara tersebut, maka Anda bisa basah kuyup jika berada di sebelahnya.

Selain deburan ombak menarik ini, di Pantai Klayar Pacitan, Anda juga bisa menjumpai yang namanya pemandangan perbukitan karang yang indah. Tentu saja dengan nuansa alaminya, apalagi kondisi pantai ini masih begitu alami juga mengingat pantai dikeloka dengan begitu baik. Namun, harus hati-hati karena di pantai ini ombaknya cukup besar.

11. Air Terjun Madakadipura

Probolinggo bisa juga dikatakan memiliki banyak sekali kawasan wisata alam yang recommended di Jawa Timur. Di sini Anda juga bisa menemui Air Terjun Madakadipura yang memiliki pesona begitu menawan. Khususnya bagi Anda yang menyukai pemandangan hijau, maka cocok untuk mencoba air terjun tersebut. Di tambah lagi jika mengingat suasananya yang begitu asri.

Air terjun yang satu ini merupakan kawasan wisata alam terbaik di Probolinggi selain dari Gunung Bromo. Yang menarik adalah, di sini Anda bisa mendapati air terjun yang tinggi dan megah serta dikelilingi oleh perbukitan hijau. Tentu saja berbicara mengenai fotografi, ruang antar tebing yang bisa Anda jumpai di sana bisa menghasilkan jepretan yang indah.

12. Goa Maharani Lamongan

Jawa Timur juga memiliki sebuah gua yang dayatariknya tidak kalah menawan. Salah satu tempat wisata di  Jawa Timur yang menarik ini terletak di Lamongan dengan Beragam pesonanya. Goa Maharani merupakan salah satu goa yang letaknya berada di bawah tanah. Ukuran dari goa ini cukup luas, yakni mencapai 2500 meter persegi.

Selanjutnya, goa ini juga dipenuhi dengan stalakmit dan bebatuan ini. Hal inilah yang membuatnya memiliki daya tarik begitu tinggi bagi para wisatawan yang menyusurinya. Bahkan, keindahannya mirip-mirip dengan keindahan Goa Carlsbad di Perancis dan Goa Mamonth di AS. Selain itu, di goa ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang secara lengkap.

Daftar Taman Rekreasi Dan Wisata Edukasi Di Jawa Timur

Selain wisata alam dengan segala pemandangan san sentuhan khasnya, di Jawa Timur juga banyak terdapat taman rekreasi. Tentu saja beberapa nama taman rekreasi ini siap menemani liburan Anda berasama keluarga, khususnya yang memiliki buah hati masih balita. Berikut beberapa nama taman rekrasi populer di Jawa Timur yang bisa dirujuk.

1. Jatim Park 1 Malang

Taman rekreasi sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang begitu populer adalah Jatim Park 1. Wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan yang serba menarik, baik untuk dikunjungi dengan teman maupun dengan keluarga yang sedang mencari tempat bermain anaknya. Jika memang tujuan Anda bukan keindahan wisata alam, maka kunjungan ke lokasi ini sangat recommended.

Sejauh ini, Jatim Park 1 sebagai salah satu wisata rekreasi terbaik, khususnya di Malang, tentu saja setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi untuk musim liburan maupun di akhir pekan. Pada beberapa waktu khusus tersebut, kunjungan di kawasan ini meningkat. Oleh sebab itu, jika bisa, sangat di sarankan Anda datang ke Jatim Park 1 ketika hari biasa saja sehingga lebih bisa menikmati.

2. Jatim Park 2 Malang

Selain nama Jatim Park 1, ada juga Jatim Park 2 yang lebih cenderung ke kawasan edukasi. Di dalamnya banyak dijumpai hewan-hewan dengan berbagai atraksinya. Biasanya yang dicari di sini adalah atraksi tersebut. Hal ini pulalah yang membedakan Jatim Park 1 dan 2. Jika di Jatim Park 1 lebih cenderung ke wahana, di Jatim Park 2 lebih cenderung ke Batu Secret Zoo nya.

Di kawasan wisata Jatim Park 2, Anda juga bisa menemukan museum satwa. Di museum ini terdapat berbagai jenis hewan telah mati yang kemudian di awetkan, tentunya dengan tujuan edukasi. Jatim Park 2 tentu sangat recommended bagi yang ingin memberikan pendidikan melalui kawasan wisata pada buah hatinya dengan kondisi yang sedemikian rupa.

3. Wisata Bahari Lamongan

Tidak hanya Jatim Park, tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya yang tidak kalah populer adalah Wisata Bahari Lamongan. Wisata ini memiliki banyak arena yang bisa dinikmati juga. Tentu saja dengan sarana edukasi yang juga sangat mendukung sehingga cocok untuk wisata keluarga maupun untuk wisata bersama anak didik.

Lokasi ini biasanya lebih populer dengan sebutan WBL. Sesuai dengan namanyam sebagian ebsar wahana yang disediakan di WBL lekat hubungannya dengan air. Hal ini juga dipengaruhi oleh lokasinya yang dekat dengan pantai. Salah satu yang menarik dari wisata bahari ini adalah Anda bisa bermain puas di kolam yang memiliki berbagai macam fasilitas menarik.

4. Museum Angkut Malang

Di Malang, salah satu lokasi yang juga bisa dikategorikan dalam wisata edukasi adalah Museum Angkut. Museum ini memiliki berbagai daya tarik yang bisa Anda nikmati. Tentu saja salah satu daya tarik di museum ini adalah nilai sejarah yang sangat lekat. Ada banyak sekali koleksi kendaraan yang terletak di museum ini dan bisa Anda abadikan.

Luas dari museum ini sendiri mencapai hingga berhektar-hektar. Sedangkan jumlah koleksi kendaraan yang dimiliki lebih dari 300 buah. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang sangat cocok untuk berfoto ria dan mengabadikan berbagai koleksinya. Apalagi mengingat desainnya yang dibuat mirip dengan kawasan Hollywood hingga mirip lokasi di Eropa Kuno.

Dari sekian banyak tempat wisata di Jawa Timur tersebut, Anda bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan dan selera. Jika Anda para traveller yang tidak ingin ketinggalan berbagai keindahan dari masing-masing tempat wisata, maka bisa membuat daftar kunjungan ke seluruh lokasi yang berhasil menarik perhatian Anda.


Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor Asyik yang Cocok Kamu Jadikan Destinasi Liburan. Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat ini memang tidak ada matin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel