15 Makanan Khas Lombok yang Enak dan Lezat

Indonesia terkenal dengan potensi wisatanya yang beragam. Berbicara tentang wisata tak lepas dari kuliner. Salah satunya adalah kuliner di Pulau Lombok. Berbagai makanan khas lombok sangat unik dan terkenal dengan rasanya yang pedas. Bumbu rempah yang khas menambah kelezatan makanan dan membuat Anda ketagihan.

Daftar Makanan Khas Lombok

1. Plecing Kangkung

Sesuai namanya, plecing kangkung ini terbuat dari bahan kangkung air yang diberi sambal tomat pedas dan bumbu khas Lombok. Anda dapat menambahkan tauge, kacang panjang dan kacang tanah goreng. Hidangan ini disajikan bersama nasi hangat dan sate rembige.

2. Ayam Taliwang

Masakan ini menggunakan bahan ayam kampung muda karena dagingnya masih empuk sehingga mudah dipisahkan tulangnya. Ayam taliwang dapat disajikan dengan digoreng maupun dibakar. Rasa pedasnya mantap.

Ayam Taliwang

Ada beberapa jenis ayam taliwang, yaitu ayam taliwang pedas manis, sambal lima, plecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam dan goreng biasa.

Anda dapat menyajikan ayam taliwang bersama nasi dan plecing kangkung. Selain itu, Anda dapat menambahkan tauge, kacang tanah, parutan kelapa dan sambal. 

3. Sate Bulayak

Sate ini mirip sate madura, namun pada sate ini lontong dibungkus daun aren yang dibentuk spiral. Bahan yang digunakan daging sapi yang dikombinasikan sambal khas suku sasak. Ciri khasnya adalah dimakan menggunakan tangan.

Baca Juga : Upacara adat di Indonesia

4. Nasi Balap Puyung

Ciri khas makanan ini adalah topping ayam suwir, perpaduan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon dan belut. Rasa pedasnya mantap dan membuat Anda ketagihan untuk makan lagi.

5. Ares

Ares merupakan makanan lokal dengan bahan pelepah pisang. Rasanya lezat, yaitu perpaduan manis dan gurih karena adanya santan.
Ares sering disajikan saat acara pernikahan oleh suku sasak. Ares ini dapat dikonsumsi sebagai pendamping nasi.

6. Beberuk Terong

Terong dimasak menjadi lalapan yang dapat dikonsumsi sebagai pendamping nasi dan lauk. Anda dapat menambahkan kacang panjang dan sambal tomat yang menghasilkan rasa pedas yang khas.

Baca Juga : Tempat yang Menjadi Tujuan Wisata di Indonesia Paling Populer

7. Ayam Rarang

Ayam rarang menjadi ikon kuliner khas Pulau Lombok yang wajib Anda coba. Bahan dasarnya ayam kampung, sebelum disajikan ayam dimasak dan digoreng.  Ciri khas makanan ini adalah rasanya yang sangat pedas sehingga menambah kelezatan saat Anda mengkonsumsinya.

8. Bantal

Bantal merupakan makanan yang menjadi menu buka puasa atau sebagai camilan saat tadarus Al-Qur’an. Wujudnya berupa kue yang terbuat dari ketan yang diberi pisang. Bentuk kue ini mirip bantal.

9. Sate Rembiga

Nama sate ini diambil dari nama salah satu jalan di Mataram, Lombok. Sate ini sangat terkenal dan digemari para wisatawan. Bahan dasar sate ini adalah daging sapi. Agar mendapatkan rasa yang enak, sebelum dibakar, daging ditumbuk hingga empuk. Lalu, direndam dengan bumbu baru dibakar.

10. Kelaq

Kelaq adalah sayur berkuah yang di dalamnya berisi beberapa macam sayuran. Jenisnya pun beragam, yaitu:

Kelaq batih, bahan utamanya biji buncis dan daun singkong muda. Bumbu yang dipakai ragi beleq. 
Kelaq kelor, menggunakan daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening.
Kelaq lebui, makanan khas yang terbuat dari kedelai hitam yang dipadukan bumbu kuah asam.
Kelaq pedis banas, merupakan sayur asam pedas dengan bahan utamanya kemangi
Kelaq sebie, merupakan kelaq paling pedas karena bahan utamanya cabai rawit hijau. Kelaq ini dapat disajikan bersama sayuran terong, kacang panjang dan ikan tongkol.

11. Bebalung

Makanan ini mirip tengkleng, bedanya bebalung bahan dasarnya tulang iga sapi atau kerbau sedangkan tengkleng tulang kambing. Bumbunya meliputi cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe dan kunyit.

Baca Juga : Wisata Romantis Di Medan Yang Harus Dikunjungi Bersama Pasangan

12. Sate Ikan Tanjung

Penamaan sate ini berdasarkan nama tempat, yaitu kecamatan Tanjung. Makanan khas Tanjung adalah sate ikan. Sate tersebut banyak disukai oleh pecinta kuliner. 
Bahan dasar sate adalah ikan cakalang dan laguan dengan bumbu rempah-rempah yang menimbulkan rasa pedas khas Lombok. Sate ini dapat dikonsumsi bersama lontong dan urap.

13. Ikan Bakar Pantai Nipah

Ikan bakar ini menjadi ciri khas makanan di Pantai Nipah yang direkomendasikan untuk Anda coba. Anda dapat menemukan makanan tersebut di bukit malimbu sampai ke tepi pantai tersebut.

14. Ayam Pelalah

Bahan masakan ini adalah ayam suwir bakar yang diberi bumbu rendaman dan sambal. Bahan rendaman terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, lengkuas, kunyit, gula merah dan garam.

Bahan untuk sambal meliputi tomat, terasi, cabai merah, cabai rawit, garam, gula, bawang merah, bawang putih dan air perasan jeruk nipis.

15. Tareq

Tareq merupakan jajanan khas Lombok yang bahan utamanya tepung beras. Jajanan ini disajikan dalam bentuk bunga. Rasanya enak dan renyah.

Apabila Anda berkunjung ke Pulau Lombok, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Lombok. Cita rasanya yang enak dapat meningkatkan selera makan dan membuat Anda ketagihan untuk nambah.

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark

Wahana Seru Wisata Edukasi Sindu Kusuma Edupark! Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat SKE ini merupakan sebuah tempat rekreasi sekalig...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel